Apa itu Terarium???


Dapat dikatakan, Terarium adalah media yang terbuat dari kaca atau plastik transparan berisi tanaman (biasa disebut vivarium : seni taman mungil di dalam wadah kaca), yang menggunakan media tanam dan jenis tanaman khusus sehingga dapat hidup dengan baik di dalam ruangan. Selain itu, Terarium mampu menghadirkan nilai artistik tersendiri dalam botol kaca, yang tidak dapat ditemui pada tanaman yang sekadar diletakkan pada rak susun, dalam pot atau bahkan taman yang luas.

Fungsi Terarium??
Terarium bisa dijadikan hiasan atau hadiah bagi orang-orang tersayang serta peralatan yang sangat unik dan menarik untuk berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, seminar dan lain-lain, dapat juga sebagai hiasan atau dekorasi dalam rumah atau luar rumah, kafe, restoran, hotel, pameran, bazar, gift shop, dan pasar.

Terarium juga sebagai alternatif kemudahan bagi media penelitian sekaligus tanaman hiasan, membuat penghijauan di ruang tidur, ruang makan, atau kamar mandi. Kehadiran terarium dalam ruangan atau taman, baik di rumah, diluar rumah, maupun di galeri untuk memberikan cita warna dan suasana yang indah. Seolah kita memandang bola dunia yang di dalamnya terdapat alam tumbuh-tumbuhan yang subur dan indah.

Mereka yang tinggal di apartman dan tidak punya lahan besar, atau terlalu sibuk dan tidak sempat berkebun tapi tetap ingin melakukan penghijauan dan memiliki taman, mereka boleh memilih terarium. Terarium pun bisa mempercantik rumah yang besar, misalnya diletakkan di atas meja ruang keluarga.
Saat ini terarium banyak digunakan sebagai penghias ruangan, karena dipercayai mampu menyerap polusi dari asap rokok, kloroform, benzene, formaldehida, xylene dan trichloro etelen. Polutan tersebutlah yang dapat mengakibatkan Sick Building Syndrome. K dalam kaca ini merupakan tanaman anti radiasi, mengurangi jumlah gas polutan di udara kerena digunakan dalam metabolisme sel, menyerap radiasi alat-alat elektronik seperti TV, monitor, HP, dan lainnya.

Anatara fungsi lain ialah :-
1. Mempercantik Ruangan
2. Menciptakan Suasana Hijau atau Teduh di dalam Ruangan
3. Mendukung Kempen GO GREEN, untuk mengurangkan Pemanasan Global
4. Sebagai tanaman anti POLUSI dan tanaman anti RADIASI
5. Mengurangi jumlah gas polutan di udara yang penting bagi metabolisme sel
6. Menyerap radiasi alat-alat elektronik seperti TV, monitor, dan HP
7. Menyerap bau tak sedap (seperti asap rokok)
8. Menciptakan seni miniatur taman dalam kaca (hutan hujan tropis, ekosistem gurun, kebun sayur, dll.)
9. Menciptakan seni minimalis berkebun tanaman hias yang unik
10. Menyegarkan ruangan sehingga udara menjadi lebih segar
11. Alternatif membuat taman/kebun/penghijauan di lahan terbatas
12. Alternatif kemudahan bagi media penelitian dan pelestarian tanaman
13. Alternatif dekorasi dalam ruang

Kaedah penjagaan Terarium
1. Cukup 1 kali Siram dalam Seminggu, dengan alat Sprayer
2. Jangan tanam pokok lain selepas siap buat
3. Menyiram cukup dengan membasahi air sedikit saja, di dekat pangkal
4. Menyiram secara berlebihan akan mengakibatkan tanaman busuk, kerana jenis tanaman ini tahan dalam air yang sedikit
5. Keluarkan Terarium 1 atau 2 minggu sekali, untuk mendapatkan sinar Matahari. Paling bagus sinar Matahari disaat pagi, atau cukup dengan manaruh di teras saat Matahari mulai terik.

0 comments: